Laman

Check This

Senin, 07 Mei 2012

Fakta paling menakjubkan di Dunia & di Indonesia

Konichiwa =) Annyeong haseyo =) hari ini saatnya menulis tentang pengetahuan yang berupa fakta!! infonya aku dapat dari buku '1100++ fakta penuh misteri' dan buku '146 yang Ter.. di DUNIA'. Aku tulis disini supaya yang nggak punya bukunya bisa tau juga fakta-fakta menarik yang ada di dunia ini. Hmm, satu part itu ada sekitar 4 Fakta. Selamat membaca =)

*Fakta Unik Gunung Krakatau
  Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda. Nama Krakatau disematkan pada satu puncak gunung berapi yang ada di pulau itu ( Gunung Krakatau ) yang sirna akibat letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat, awan panas dan tsunami yang diakibatkan menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika. Daya ledakannya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II. <--btw, kalo tentang Perang Dunia II aku tau dari Encyclopedy Oxford ^^ kapan-kapan aku tulis juga deh tentang Perang Dunia II ;)
       Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York. Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan letusan Gunung Toba dan Tambora di Indonesia, Gunung Tanpo di Selandia Baru, dan Gunung Katmal di Alaska. Lalu, kenapa hanya letusan Gunung Krakatau yang dikenal banyak orang??? Alasannya adalah karena gunung-gunung tersebut meletusnya jauh di masa populasi manusia masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia sudah cukup padat. Tercatat bahwa Gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut.

* Fakta Unik tentang Gunung Olympus Mons : Gunung Terbesar di Tata Surya
     Olympus Mons yang berada di Planet Mars merupakan gunung terbesar di tata surya. Gunung ini menjulang tinggi dengan tinggi mencapai 27 Km dan berdiameter 550 Km. Bandingkan saja dengan gunung tertinggi di Bumi, yaitu Gunung Everest, yang ketinggiannya hanya 8,8 Km atau 8.800 Meter. Bandingkan juga dengan gunung berdiameter terbesar di Bumi, yaitu Mauna Loa yang berdiameter sepanjang 120 Km. Gunung Olympus Mons ini dikelilingi oleh tebing terjal dengan ketinggian minimum 6 Km. Pada bagian puncaknya memiliki kawah berdiameter 85 Km. <--So Amazing =) apakah ada yang ingin mendaki Gunung Olympus Mons ini?? kayaknya nggak mungkin bisa, ke Marsnya saja belum tentu bisa apalagi mendaki gunungnya._.

*Fakta Unik tentang Perang
1.) Perang tersingkat di dunia terjadi antara Zanzibar dan Inggris. Zanzibar menyerah hanya dalam waktu 38 menit.
2.) Perang terlama adalah Perang 100 Tahun antara Inggris dan Prancis. Perang ini sebenarnya berlangsung selama 116 tahun, berakhir pada tahun 1453.
3.) Selama Perang 100 Tahun, pajak langsung atas penghasilan diperkenalkan oleh Inggris untuk membiayai perang melawan Prancis.
4.) Serangan NATO di Serbia pada tahun 1999 selama Perang Kosovo menewaskan lebih banyak hewan daripada manusia.
5.) Sejak tahun 1815 telah terjadi 210 perang antarnegara.
6.) Sekitar 1.100 U-Boat tenggelam atau hilang selama Perang Dunia II. <-- U-Boat adalah singkatan dari Unterseeboot. U-Boat adalah salah satu senjata milik Nazi Jerman yang paling ditakuti Sekutu, bahkan sebelum Perang Dunia II dimulai.
7.) Dalam Perang Dunia II, ada sebuah kapal selam Jerman yang tenggelam karena toilet yang tidak berfungsi.
8.) Pada masa Perang Dunia II, patung Oscar dibuat dari kayu karena kelangkaan besi.
9.) Bom pertama pasukan Sekutu yang  dijatuhkan di Berlin pada Perang Dunia II membunuh satu-satunya gajah di kebun binatang Berlin.
10.) Sejak PBB ( Perserikatan Bangsa Bangsa ) berdiri pada tahun 1945, telah terjadi lebih dari 150 perang.

*Fakta tentang Lokasi Terunik
1.) Kasino di Las Vegas tidak memiliki penanda waktu.
2.) Seorang petani di Quebec, Kanada, menemukan seekor kodok dalam butiran hujan es.
3.) Ada sebuah kota bernama 'Hell' di Kepulauan Cayman. <-- Jadi, kita bisa tinggal di 'neraka' hehe.
4.) Ada kota bernama Ding Dong di Texas, penduduknya di tahun 1990 hanya 22 orang.
5.) Pemerintah Kota San Fransisco untuk alasan meningkatnya kejahatan dan kebutuhan lahan pemakaman untuk para kriminal, menyediakan lahan khusus bagi mereka. Tempat itu adalah Colma, 8 km di Selatan San Fransisco. Perbandingan antara jumlah orang mati dan hidup disana adalah 750 : 1.
6.) Beberapa rumah sakit di Shanghai mengharuskan perawatnya memakai lipstik.
7.) Tidak ada semut di Antartika, Islandia, dan Greenland.
8.) Dari tahun 1939-1942 ada kantor pos bawah laut di Bahama. Kantor pos unik ini dibuka pada 16 Agustus 1939 hingga tahun 1941.
9.) Sebanyak 23 orang disewa hanya untuk menyiram toilet di Jacksonville-Florida, agar pipanya tidak membeku.
10.) Di Albania, menggelengkan kepala berarti 'iya' dan menganggukannya berarti 'tidak'.
11.) Tanggal 20 September merupakan hari mencintai gigi di Cina.
12.) Di Singapore, dilarang menjual atau mempunyai permen karet.
13) Pentangon yang terletak di Arlington, Virginia, memiliki toilet sebanyak 2 kali lipat jumlah yang dibutuhkan. Hal ini karena saat dibangun pada tahun 1940, di Virginia masih berlaku hukum yang memisahkan toilet untuk kulit hitam dan putih.
14.) Di Kepulauan Tonga pernah dibuat perangko yang berbentuk pisang.
15.) Suara gemuruh air terjun Victoria di Zimbabwe dapat terdengar hingga 64 km.


Oke, akhirnya selesai juga nulis tulisan ini =) tunggu kelanjutannya di Part 2 ya. Tapi, aku sempat nulisnya kalau lagi hari libur hehe kalau hari senin sampai jum'at kan aku sekolah jadi nggak bisa nulis post hehe.
bye bye!! Sayonara!! Arigatou gozaimashita =) gomawo =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar