Laman

Check This

Sabtu, 03 Mei 2014

Lingkungan di DKI Jakarta *Materi untuk Makalah Sosiologi :)*

        Hello semuaaaaaa :) hari ini aku and Ayu berpetualang ke daerah Kampung Melayu dan Senen wkwkwk bukan berpetualang juga sih, kita kesana dalam rangka observasi + wawancara tugas sosiologi dengan tema pilihan kita berdua yaitu Kemiskinan di DKI Jakarta :) . Kita janjian di Halte busway Pasar Rebo, janjian sih jam 7 tapi aku baru nyampe jam setengah 8 haha ngaretnyaaa -__- jadi kena cubit Ayu deh :o . Kita naik busway jurusan Kp.Melayu :) begitu masuk ke bus, waaaaah sepi ya sampe kita dapet tempat duduk :) .  Sampe di Kp.Melayu kita sempet bingung mau ke Kampung Pulo itu gimana caranya, akhirnya nanya deh ke orang dan kata orang itu kita naik 06 atau 16 ajaaa :) awalnya kita nanya abangnya kalo Kampung Pulo itu dimananya eh dia gak tau, untung aja kita ngeliat rumah di pinggiran kali dan kita langsung turun deh.
        Kita bingung kalo mau ke rumah pinggir kali itu gimana caranya, nanya ke orang dan akhirnya sampai juga di tempat itu. Kita sempet ngefoto lingkungan sekitar situ, terus ngewawancara mbak-mbak gitu tentang pendapatnya dia apakah ekonomi di negara ini udah merata, keluh kesahnya tinggal di tempat seperti itu, harapannya untuk pemerintah, dsb. Mbak-mbaknya baiiiiiik banget dia ngejawab semua pertanyaan kita hehe ya udah aku & Ayu pamit tuh. Dari sana kita naik angkot 01 jurusan Senen, gue dengan bermodalkan sok tau + nyali ya milih angkot itu wkwkwk Ayu udah takut kalo kita nyasar kayak waktu itu yang dari Kotu hahaha. Kita turun di terminal Senen terus jalan kaki dikit nyampe deh di Stasiun Senen, kita bingung kalo ke kawasan pinggir rel itu gimana caranya. Jadi Ayu memutuskan untuk makan dulu deh.

       Setelah makan, kita naik angkot 01 yg Kp.Melayu-Senen itu kan eh ternyata abangnya muter daerah Senen jauh gitu, abangnya bilang kalo kita mau ke Kp.Melayu harusnya langsung naik yang 01A haha. Pas di dalam angkot itu kan gue ngeliat terus ke jendela angkot dan kita ngelewatin kawasan pinggiran rel terus gue bilang ke Ayu "Yu, ini kawasan pinggir rel kereta yu! turun gak nih?" terus dijawab Ayu "Turun chi, please turun untuk tugas nih chi biar gak cuma 1 responden doang wawancaranya". Kita pun turun dari angkot dengan membayar ongkos 2 orang Rp 24.000 wkwkwk kayaknya sih kelebihan tuh ongkosnya tapi kita berdua kan jauh muternya dari Stasiun Senen sampe situ lagi -_-.
       Kita pun menghampiri ibu-ibu yang tinggal di pinggiran rel itu, untung ibu nya baik jadi kita dikasih tau untuk gak lebih jauh lagi ke tengah pemukiman pinggir rel soalnya katanya banyak copet. Pertanyaannya sama kayak wawancara sebelumnya, dan ibu ini tuh berdagang disitu kayak jualan energen, kopi sachet-an gituuu. Pas wawancara berlangsung eh ada peringatan tanda kereta mau lewat, beberapa detik kemudian lewatlah kereta dari arah Stasiun Senen melewati kita huhu serem loh soalnya jarak antara kita dan kereta tuh kira-kira 1,5 meter gitu deket banget sampe angin keretanya terasa. Kata ibu-ibu itu sih masyarakat disana udah biasa sama suara bising kereta lewat. Ngeri kena kereta haha 2 kali kereta lewat tuh.

      Oya, ibu-ibu yang kita wawancara itu dia orang pendatang asal Surabaya, tapi sayangnya nasibnya di ibukota negara ini belom beruntung. Semoga pemerintah bisa membuat nasib mereka lebih baik yaaa :) jangan cuma asal dapet jabatan terus gak mikirin rakyatnya :) . Berdasarkan wawancara kita hari ini sih mereka pada mau kalo misalkan dipindahkan ke rumah susun(rusun) gitu ya pokoknya tempat tinggal yang lebih layak lah, asalkan mereka tetap bisa bekerja gitu jadi yang jualan ya bisa tetap berjualan di tempat yang rame banyak orang berlalu-lalang. Semoga harapan mereka yang nasibnya kurang beruntung itu bisa terkabulkan oleh Tuhan yaaa :) . 
        Dari Senen, kita naik angkot 01 jurusan Kp.Melayu, turun di Kp.Melayu kita pun naik angkot 06 jurusan Gandaria Depok, terus gue & Ayu turun di Cijantung hehe. Mampir beli es krim bentar di Mcd, terus Ayu pulang naik angkot 16 warna merah yg ke arah deket Cibubur Junction lah, gue naik 09 ke arah Kalisari :) . Okaaaay, petualangan kami hari ini pun berakhir sudah hehe :)

        Oya ada kesimpulan, di balik gedung-gedung mewah, mal-mal mewah, rumah-rumah mewah di daerah Jakarta itu yaaa tapi masih banyak juga daerah *maaf* kumuh di ibukota tercinta ini... semoga kedepannya Jakarta bisa menjadi kota yang lebih baik lagi dan kawasan seperti itu bisa dibenahi :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar