Laman

Check This

Kamis, 27 Juli 2017

Curug Ciherang

Segarnya air di curug membuat kami tertarik untuk menjadikannya sebagai
destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Bermain air dan berfoto
ria melepas penat akan aktivitas di ibukota yang tiada henti.

Haiiiiii semuanyaaaa.....
Seperti biasa, kalo lagi mood nulis gue bakal ngepost lebih dari satu postingan sekaligus haha. Kali ini gue bakal nyeritain pengalaman gue ke curug Ciherang yang berlokasi di daerah Jonggol, Jawa Barat.

Kamis, 4 Agustus 2016
Sumpahh ini pohonnya licin banget gue merosot mulu huft
Hari itu kami berencana berwisata ke curug Ciherang, ada salah satu dari kami namanya Ayu yang pengen banget ikut pergi tapi sayangnya dia ada kegiatan ospek di kampus. Ya udah tuh kami tunggu dia kelar, eh setelah zuhur gaada tanda-tanda dia ikut sampe akhirnya dia chat di grup bilang gabisa ikut karna susah kabur. Kami sempet kesel juga karna kami sengaja berangkat siang biar Ayu bisa ikut, tapi yaa mau gimana lagi Ayu wajib ikut rangkaian ospek itu. Akhirnya kami 12 orang berangkat, dengan tambahan satu teman diluar grup kami yang bernama Tama. Rute untuk menunju Jonggol cukup mudah, terlebih lagi titik keberangkatan kami yang bermula dari Cibubur sehingga lebih dekat untuk mencapai tujuan kami. Sebelumnya, tidak ada seorangpun dari kami yang pernah kesana, untungnya Rani bersedia menjadi pemandu dengan menggunakan google maps hehe.

Seger banget cuy airnya
Perjalanan kami kesana hanya memakan waktu yang sebentar. Meski sempat ada yang nyasar karna tertinggal jauh di belakang, perjalanan hari itu berlangsung lancar dan kami selamat sampai tujuan. Sesampainya disana, kami memarkirkan motor terlebih dahulu. Ketika hendak naik menuju lokasi curug, salah satu dari kami mengusulkan untuk shalat ashar terlebih dahulu baru setelahnya bisa bermain air di curug. Saat kami shalat ashar, waktu sudah menunjukan pukul 4 sore yang berarti kami hanya memiliki sedikit waktu untuk bermain air. Oiyaa gaess, untuk menuju curug itu diperlukan jalan menanjak yang lumayan membuat kaki pegel abiss setelah jalan menanjak dilanjutkan jalan mendatar yang cukup jauh sampai akhirnya kita harus melalui jalan bebatuan untuk turun menuju curug. Temen-temen gue terutama yang cewek banyak yang capek jalan kek gitu sampe akhirnya mereka ketinggalan di belakang wkwkk. Sebagai orang yang memiliki tenaga lebih, gue pun sampai duluan berbarengan dengan temen gue yang kuat jalan haha.

Baju basah kuyup tetep aja narsis haha
Selagi menunggu yang belum sampai, kami pun memutuskan untuk istirahat di bebatuan yang ada disana sembari makan dan minum serta tidak lupa berfoto ria haha. Setelah cukup beristirahat, kami pun langsung nyebur ke kolam yang ada disitu. Sumpahh airnya dinginn bangett wooiii ampe menggigil gue hahaha. Air yang dingin ini terasa seger banget dah dibanding air di Jakarta haha jelas lah yaa beda banget, sama lah dinginnya kek air di Puncak. Kami pun asyik bermain air dan berfoto hehe meski di air sekalipun tetep wajib foto yee. Meski kolam tersebut tidak dalam, hanya sebatas dengkul saja, namun dasar kolam yang licin dan penuh bebatuan mengharuskan kita untuk berhati-hati dalam melangkah. Tak jarang, beberapa dari kami hampir terjatoh atau terpeleset karna dasar kolam dan bebatuan yang licin itu, gue pun beberapa kali hampir jatoh ampe harus pegangan temen gue wkwkk.

Narsis di rumah pohon
Setelah puas bermain air dan berfoto ria, kami memutuskan untuk pulang ke rumah. Sayangnya, karna udah jam 5 sore, kamar gantinya udah tutup hadehh.
Dengan kondisi basah kuyup abis maen air kami pun berjalan menuju tempat parkir, eh pas di deket rumah pohon gitu kami tergoda untuk foto-foto hehe udah basah kuyup masih ae narsis. Kami pun berfoto ria di tempat itu, hingga akhirnya waktu semakin sore dan kami tiba di parkiran pas banget hujan pun turun huahh. Udah basah kuyup belom ganti baju, hujan pula mana hampir maghrib. Saat hujan reda, kami segera menuju motor masing-masing dan cuss turun kebawah. Pas sampai di bawah, kami sempet bingung mau pulang lewat Jonggol atau Puncak. Kami nanya abang parkiran sih katanya lebih cepet lewat Jonggol kayak pas berangkat, cuma kami ngeri kalo lewat rute via Jonggol tuh katanya banyak begal gitu. Setelah terjadi perdebatan ringan, kami memutuskan untuk melalui jalur via Puncak, katanya sih nembusnya ga begitu jauh dari Cisarua. Pas kami mau berangkat, ada 2 orang yang kayaknya sih pacaran gitu bilang mau gabung sama kami, kami iya-in karna emang mending rame-rame gini jadi lebih aman kalo ada sesuatu yang ga terduga.

Muka-muka nahan kepeleset haha
Selama perjalanan ke arah Puncak, kami heran juga karna sepi banget jalannya. Bayangin aja niih, kanan itu dipenuhin pohon gitu macem hutan, kirinya itu tebing gitu yaa sebutlah jurang karna memang gaada jalanan turun kesana, langsung bener-bener tepian gitu. Udah gitu yaa gaada lampu jalan sama sekali gaess jalanan jadi gelap banget apalagi udah lewat maghrib, rumah penduduk pun jarang kami temui. Sinyal internet pun juga tidak terjangkau, ditambah jalanan yang penuh bebatuan pasir gitu alias belum beraspal, perjalanan kami menjadi sangat tidak nyaman. Lalu terjadilah musibah, ban motor milik Agan yang dikendarai oleh Ais bocor sehingga harus segera diperbaiki. Sialnya, lokasi tambal ban itu jauh dari posisi kami berada. Akhirnya, Ais pun pindah jadi gue make motor gue sementara Agan mengendarai motornya, yaa lebih aman begitu sih soalnya Ais kan genday tuh ntar malah nambah beban di bannya kalo dipaksain make motor Agan wkwkk. Setelah menempuh perjalanan di tempat antah berantah, kami menemukan tukang tambal ban. Setelah berhasil diperbaiki, kami melanjutkan perjalanan hingga akhirnya terjadilah musibah kedua dimana ban motor Salim juga bocor hadehh. Kami nekat melanjutkan perjalanan karna gak memungkinkan kami balik ke lokasi tambal ban sebelumnya. Hari semakin malam lalu samar-samar terlihatlah jutaan kilauan lampu yang gue yakini itu lampu-lampu rumah di daerah Puncak.

Pemandangannya bagus euy
Bahagianya bukan main pas nemu sebuah daerah yang dipenuhi lampu, serasa abis keluar dari hutan haha memang iya sih kami abis ngelewatin daerah deket hutan yang ga terdapat lampu jalan sama sekali. Sampai di daerah tersebut, kami singgah sebentar di bengkel untuk memperbaiki motor Salim, sedangkan pasangan yang bergabung bersama kami memutuskan untuk lebih dulu pergi. Jadi merasa bersalah sama mereka karna bikin mereka jadi nyasar jauh haha. Kami gatau udah sampe mana, gue pun ngeliat sekitar dan gue SHOCKK!!! Sumpahh yaa kalian harus tau, gue sm temen-temen gue tadinya ada di Jonggol, begitu jalan lewat rute yang kami yakini bakal nembus Puncak ternyata melesett woii!!! Kami ternyata ada di Cipanas, it means lebih jauh dari Puncak!!! Saat itu waktu udah jam setengah 8 malam jadi ga mungkin kalo kami balik ke Jakarta karna bakal sampai rumah tengah malam. Kami bener-bener panik, hampir memutuskan untuk numpang tidur di masjid attawun. Di tengah kepanikan itu, temen gue yang namanya Salim seolah menjadi penyelamat diantara kami #hueks# ... yaa dia bilang kalo villa keluarganya dia mungkin bisa ditumpangi untuk kami menginap. Kami pun segera menghubungi keluarga untuk ngabarin kalo kami bakal nginep malam itu. Gue nelfon bokap gue, sangat mudah untuk izin karna ga sampe semenit nelfon gue langsung dibolehin setelah ngasih tau posisi dimana, sama siapa aja, dan nginep dimana haha. Setelah berizin ria, kami memutuskan untuk segera menuju villa milik om-nya Salim.

Siluman dugong niiih alias ais hahahah
Hawa di Puncak sangatt sangatttt dingin apalagi pas lewat Puncak Pass, ditambah baju kami yang setengah basah jadi dinginnya lebih terasa. Saat kami melewati Puncak Pass itu sekitar jam 8 malam, kami sampai di Cisarua atau tepatnya daerah taman safari itu sekitar jam setengah 9 malam. Salim yang notabene-nya buta arah pun bingung villa-nya itu ada dimana, dia pun nelfon nyokapnya, dari situ kami mengetahui patokan jalan masuk menuju villa tersebut yaitu Ekaria resto. Kami memutuskan untuk menuju arah megamendung, sekitaran cimory riverside. Sampai disana, kami masih tidak menemukan patokan tersebut. Salim bilang lokasinya diatas cimory riverside jadi beberapa dari kami mencari ke atas lagi arah taman safari dan beberapa dari kami mencari ke arah bawah. Di tengah pencarian kami, Rani menghubungi kami yang mencari ke atas dan mengatakan bahwa mereka sudah menemukan patokan jalan menuju villa tersebut. Kalian tau? ternyata lokasinya itu ada di bawah cimory riverside :) jauh banget kan dari taman safari sehingga kami merutuki Salim yang buta arah dan justru memberi info yang salah tersebut huahh. Kami pun tiba di dekat Ekaria resto lalu menyusuri jalan di sampingnya yang membawa kami menuju villa. Saat itu udah jam 10 malam.

Ciway ciway tangguh nih kaga panik meski nyasar haha
Setibanya di depan villa, batin gue "busett ni villa gelap bangett kek angker gimana gitu." Setelah meminta kunci dan membuka pintu gerbangnya, kami masuk dan menaruh motor di garasi. Akibat sudah terlalu lelah kami langsung selonjoran di sofa yang ada di villa itu haha capekk cuy. Kami memutuskan untuk makan malam terlebih dahulu dengan memakan mie instan baru setelahnya kami istirahat. Saat pagi tiba, seperti biasa suara gue di pagi hari jadi serek ga jelas hingga pas shalat subuh pun suara gue kek kodok kejepit huhu poor me. Kami memutuskan untuk ke teras belakang dan menikmati hawa sejuk khas Puncak. Setelah itu, kami sarapan nasi goreng yang dimasak oleh pesuruh di villa itu. Perut kenyang hatipun senang saatnya berfoto ria hahaha dimanapun kapanpun foto itu wajib yee. Kami memilih untuk berfoto di teras belakang karna cahayanya paling bagus disitu haha. Setelah berfoto ria dan berkemas, kami pun pamit sama pesuruh villa tersebut dan pulang menuju Cibubur. Saat itu waktu masih menunjukan pukul setengah 10 pagi, tapi yang cowok ngejar waktu untuk shalat jumat di Cibubur sehingga kami bergegas pulang dan memilih rute melewati Rainbow Hills. Perjalanan pulang terasa begitu cepat, kami sampai di Cibubur atau tepatnya rumah Rani jam 12 kurang. Sampai di rumah, gue langsung merebahkan diri di kasur saking capeknya huft bener-bener melelahkan pantat rasanya gepeng saking lamanya duduk di motor dan kaki pegel-pegel haha. Dari seluruh petualangan kami, yang paling berkesan itu jalan-jalan ke curug Ciherang ini karna banyak kejadian tak terduga yang kami alami haha.

Thanks kalian yang udah baca postingan ini hehe acak adul banget yaa gue nulisnya.. info-info terkait biaya dan rute perjalanan menyusul yaaa :)

Foto-foto lainnya
Liat apaan niih kompak bener
                            Maul & Rani lagi main pesawat-pesawatan keknya wkwkkwk
Muka-muka belom mandi haha yang penting foto yee